PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Yeni Yulyani Universitas Sebelas April
  • Ece Sukmana Universitas Sebelas April
  • Aulia Akbar Universitas Sebelas April

Kata Kunci:

Metode Bercerita, Aktivitas Belajar, Kemampuan Menyimak

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu aktivitas dan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN Parakanmuncang I masih tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan metode bercerita yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan kemampuan menyimak siswa dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan. Aktivitas menyimak siswa pada siklus I mencapai 39,2%, siklus II mencapai 51,55%, dan siklus III mencapai 78%. Selain itu, kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran pun mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 35%, pada siklus II sebanyak 55%, dan pada siklus III sebanyak 90%. Berdasarkan data tersebut, penerapan metode bercerita terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN Parakanmuncang I Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021

Referensi

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Antara, P.A. (2012). Penggunaan Media Animasi Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. [Online], Vol. 6, No. 1, Tersedia: https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/201151 [2 Mei 2021]

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Fachrurrazi, A. (2012). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. [Online], Vol. 2, 236-245. Tersedia: https://karyailmiah.unipasby.ac.id/2012/09/14/penerapan-metode-bercerita-dalam-mengembangkan-kemampuan-berbahasa-dan-karakter-peserta-didik-usia-dini/ [10 April 2021]

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Latif, M., dkk. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nazarudin. (2015). Bahasa Indonesia. Mataram: Seri Buku Ajar IAIN Mataram.

Ritonga, P., dkk. (2012). Bahasa Indonesia Praktis. Medan: Bartong Jaya.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukidin, dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Diterbitkan

2022-02-21

Cara Mengutip

Yulyani, Y., Sukmana, E., & Akbar, A. (2022). PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sebelas April Elementary Education, 1(1), 55–62. Diambil dari https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/39

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama