UNSUR PENOKOHAN DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI PENYUSUNAN BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Penulis

  • Eli Fatimah Universitas Sebelas April
  • Kuswara Universitas Sebelas April
  • Ece Sukmana Universitas Sebelas April

Kata Kunci:

Unsur Penokohan, Biografi Pengarang, Unsur Pembangun Cerita, Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah karya sastra dalam mendukung peserta didik untuk mengembangkan empat kemampuan berbahasanya. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik pada cerpen khususnya unsur penokohan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sebuah pendekatan kajian sastra secara ekspresif untuk menganalisis unsur ekstrinsiknya. Teknik penelitian dalam melaksanakan analisis adalah dengan menggunakan teknik analisis teks yang peneliti gunakan untuk menganalisis unsur intrinsik dalam cerpen, serta studi dokumentasi untuk mendapatkan riwayat hidup pengarang. Berdasarkan hasil analisis, setiap unsur nama yang terdapat dalam ke-13 cerpen yang ada menggunakan nama-nama yang sangat identik dengan penduduk desa, khusunya yang tinggal di daerah Jawa. Ini sangat berpengaruh terhadap penokohan yang ada pada setiap cerita. Yakni dalam penggambaran karakter dan pekerjaan tokoh. Unsur penokohan tersebut sangat berkaitan erat dengan unsur intrinsik yang lain. Semua unsur pendukung dalam penokohan yang menggambarkan kehidupan dan masalah sosial di pedesaan ini, tidak terlepas dari latar belakang pengarang, yakni Ahmad Tohari yang lahir dan besar di sebuah desa di bagian tengah pulau Jawa. Sehingga hampir semua tema yang diangkat dalam cerpen pada kumpulan ini menceritakan tentang permasalahan sosial masyarakat ekonomi rendah yang kebanyakan hidup di pedesaan.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-22

Cara Mengutip

Fatimah, E., Kuswara, & Sukmana, E. (2023). UNSUR PENOKOHAN DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI PENYUSUNAN BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. Literat - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 07–17. Diambil dari https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/literat/article/view/687

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama